Pages

Sabtu, 14 Januari 2012

Etika Saat Ber-Chatting

Pengertian Chatting

Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM. Walaupun Chatting hanyalah obrolan dua orang yang tidak saling tatap muka,namun mengobrol lewat chatting harus mematuhi beberapa etika agar lawan chatting kita merasa nyaman melakukan obrolan dengan kita.terkadang ada beberapa orang yang merasa kalau lewat chatting mereka bisa melakukan apapun.tapi sejauh ini ada beberapa fasilitas chatting yang mengawasi saat anda sedang berchatting ria.

Mungkin dari kita menggunakan bahasa tidak baku baik dalam kehidupan sehari-hari, di SMS, atau pun di Internet. Bahasa tidak baku tersebut bukanlah sebuah masalah yang berarti. Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika kita tidak tahu tingkat kesopanan terhadap kalimat yang kita ucapkan. Sebenarnya etika-etika ini bisa diterapkan dalam setiap situasi mengetik seperti SMS dan beremail. Penggunaan huruf kapital. BERKATA DENGAN HURUF KAPITAL BERARTI SEDANG TERIAK ATAU MARAH-MARAH. Terkadang, HURUF KAPITAL juga digunakan untuk PENEGASAN, apalagi jika media yang digunakan untuk berkomunikasi tidak mendukung penggunaan pemformatan penebalan huruf (bold) Berkata dengan huruf non-kapital atau tanpa menggunakan huruf besar pada awal kalimat berarti berbicara dengan lemas/tidak tegas. hal ini diperparah jika anda menggunakan titik-titik di akhir kalimat atau kata seperti ini ........karena anda seperti berbicara dengan nada yang benar-benar "sabar". Daripada titik-titik (...), berpikirlah untuk menggunakan tanda hubung (-) (atau ada yang menyebut hyphen), Sebaliknya, gunakan huruf kapital pada saat yang tepat. Sebagaimana Anda telah belajar bahasa Indonesia, gunakan huruf kapital pada awal kalimat, awal kalimat langsung, dan saat menggunakan kata sapaan. Meski demikian Saya seringkali menemui orang yang mengetik dengan mencampuradukkan semua ini sehingga menghasilkan kalimat yang sangat tidak enak dilihat seperti ini: iNi aDAlAh cOnToH kAlimATnYA, sElAiN gK eNAk DilIHAT kLmT iNi jG NgeTikNyA cApE'.

Jangan lupa untuk tidak menyingkat kalimat. Hal ini akan menimbulkan kesan tidak formal dan tidak serius. Juga hal tersebut akan menyebabkan salah pemahaman. Jika dalam debat/diskusi umum, gunakan @ untuk menunjukkan kemana anda akan berbicara. Misal : "@Tomi: Bukannya justru mobil itu yang lebih keren?" Harus anda tahu bahwa penggunaan @ sangatlah lumrah digunakan, meski anda bisa memakai cara Anda sendiri. Jangan berbicara tidak jelas dalam forum/diskusi/obrolan (chatting). Perjelasalah maksud, dan jangan ungkapkan emosi, tapi bisa memakainya sedikit untuk memperindah kalimat. Contoh : "Hari ini gw sedih" jauh lebih buruk dibanding mengatakan "Hari ini gw kehilangan dompet gw jadi gw sedih banget". Meminimalkan kemungkinan lawan bicara untuk meminta kejelasan atau maksud dari apa yang kita katakan atau tuliskan.

Usahakan untuk tidak menyertakan pemformatan yang sangat mencolok (misalnya dengan warna-warna atau ukuran huruf yang tidak sesuai). Pemformatan ini menimbulkan kesan tidak formal. Jika mungkin, gunakan teks murni (plain text) saja. Itulah saya pikir bagaimana kita beretika dan bersopan santun di Internet. Terlepas dari itu, ada baiknya mempelajari kembali EYD untuk mengikuti kaidah berbahasa yang benar baik dan benar. berikut ini adalah beberapa etika dalam berchatting dari berbagai komentar yang diberikan:

1.jujur

berusaha untuk berbicara jujur.memang sih kita jujur atau tidak,tean chatting kita tidak akan tahu.tapi beberapa orang sangat senang dengan kejujuran.jika dari awal chatting,kamu sudah berbohong maka di kemudian hari kamu bisa menerima akibatnya...salah satunya mereka akan malas chatting dengan kamu lagi

2.Jangan suka iseng

tidak semua orang yang sedang online berarti mereka memiliki waktu untuk chatting,ada beberapa orang yang online tapi mereka sedang sibuk dengan pekerjaannya.jika kamu menggunakan yahoo messenger,usahakan jangan terlalu sering "buzz" teman chatting kamu.karena hal itu akan membuat mereka marah...

3.Sopan

baik di kehidupan nyata maupun dunia maya,kita harus selalu bersikap sopan.usahakan untuk selalu berbicara dan bersikap sopan.jangan pernah mengucapkan kata kata kotor,jika kesan peratama kamu sudah jelek maka selanjutnya mereka tidak akan lagi mau chatting dengan kamu.

4.Ucapkan salam

setiap kali mulai chatting tidak ada salahnya kamu menuliskan beberapa kata salam seperti..halo,selamat pagi,selamat siang,apa kabar..dijamin mereka akan senang mendengarnya.dan jika akan mengakhiri percakapan..bisa gunakan kata sampai jumpa lagi,selamat tinggal,bye,atau senang ngobrol dengan kamu.

5. Pasang status

jika kamu tidak mau diganggu oleh teman chatter lain.kamu bisa memasang status seperti "bussy,dont disturb,gak bisa diganggu"

6. Jangan terlalu cuek

jangan terlalu lama membalas pesan dari lawan chatting kamu.karena mereka tidak akan suka disuruh menunggu terlalu lama,jika kamu sedang sibuk,katakan sedang sibuk agar mereka merasa tidak dicuekin

7. Perhatikan penggunaan huruf

terkadang kamu menganggap remeh huruf besar(caplock).karena kamu merasa huruf besar dan huruf kecil sama saja.tapi huruf besar dan huruf kecil memiliki arti berbeda.jika menggunakan huruf kecil berarti nada bicara kamu normal dan biasa saja.tapi jika kamu menggunakan huruf besar berarti kamu sedang teriak dan bicara dengan nada keras.bagi orang yang mengerti dengan arti tulisan tersebut,mereka akan merasa tersinggung jika kamu menggunakan huruf besar.jadi hindari penggunaan huruf besar

8. Mengganti topik

jika kamu sedang masuk kesalah satu room.disana pasti mereka sedang membahas suatu topik.jangan sekali kali kamu mencoba mengganti topik pembicaraan.karena mereka bisa marah.ikuti topik pembicaraan yang sedang dibahas.jika kamu merasa tidak cocok dengan topik yang sedang dibahas,kamu bisa pindah room dan mencari room yang sesuai dengan selera kamu.

9. Jangan membicarakan SARA

saat mengobrol,jangan pernah membawa bawa masalah SARA kedalam topik pembicaraan.karena hal ini sangatlah sensitive,mereka dengan mudahnya akan merasa sangat tersinggung

10.Jangan memaksakan kehendak 

jika lawan bicara kamu sudah tidak mau lagi mengobrol,jangan paksakan kehendak.karena mereka akan langsung berpikir negative tentang kamu

itulah beberapa etika chatting yang harus kamu patuhi,semoga setelah memerapkannya.kamu bisa disukai oleh lawan chatting kamu. Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.

  • Gunakanlah nickname yang baik dan sopan. 
  • Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
  • Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
  • Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
  • Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
  • Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 
  • Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.

1 komentar:

ideku mengatakan...

Tetapi budaya sopan santun chatting tersebut tidak ditunjukkan oleh kawula muda bangsa kita sendiri. berbeda jauh jika kita merasakan chatting di chatroom internasional dan lokal. yang terjadi 1. wanita selalu dijadikan objek tertindas dimana dijadikan orientasi mesum oleh pengguna pria. 2. sangat sulit mencari rekan bicara yang fokus terhadap 1 lawan bicara sehingga diskusi tidak fokus. 3. Pencinta wahana chatting selalu dianggap sebagai kurang kerjaan dan pasti negatif. mungkin ada pendapat yang belum saya ungkapkan mohon di koreksi dan di tambah

Posting Komentar

 

(c)2009 Nursing Care Moslem. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger