Pages

Sabtu, 14 Januari 2012

Manfaat internet untuk Perawat

Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.

Perkembangan teknologi jaringan Internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. informasi yang dibutuhkan dimanapun dan kapanpun waktu yang diinginkan. Salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan teknologi ini adalah dunia kesehatan. Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tak terbatas, maka jaringan internet memenuhi kapasitas dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam dunia kesehatan. Bahkan beberapa rumah sakit ternama, mencanangkan sistem asuhan keperawatan yang berbasiskan teknologi jaringan ini, seperti Telenursing , layanan e-health, dan web nursing lainnya, yang kalau ditinjau dari implementasinya mempunyai wujud yang hampir sama, yaitu memanfaatkan fasilitas jaringan internet sebagai salah satu sarana dan media dalam pelayanan kesehatan.

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet memberi peluang kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang salah satu persoalan penting yang dihadapi sehari hari yaitu kesehatan. Peningkatan pemahaman tentang kesehatan ini dapat membawa pengaruh yang sangat besar terhadap cara pandang masyarakat terhadap kebiasaan hidup sehari-hari yang dapat memberikan dampak terhadap kesehatan manusia. Sebagai contoh konsumsi makanan yang menyehatkan dan penjelasan berbagai alternatif bahan obat-obatan yang dapat membantu mengobati penyakit yang sedang diderita. Pengalaman pribadi saya, melalui internet saya dapat lebih kritis pada saat membeli obat dan menilai resep obat yang diberikan oleh dokter.

Hasil statistik www.internetworldstats.com menunjukkan pertumbuhan pengguna-an intenet di Indonesia sepanjang tahun 2009 meningkat drastis. Jumlah penggunaan internet di akhir tahun 2009 diestimasikan mencapai 240.271.522 pengguna dengan penetrasi 12,5% (per populasi). Untuk kawasan Asia, Indonesia berada di urutan ke-5 setelah Cina, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Indonesia berada dalam urutan 13 dalam Top 20 Countries with the Highest Number of Internet Users. Pertumbuhan pengguna internet dari tahun 2000 - 2009 adalah sebesar 1150 % (lihat dibawah ini) atau rata-rata tumbuh 115 % per tahun, sebuah angka pertumbuhan yang luar biasa.

Angka pengguna internet mencapai 240.271.522 pengguna pada tahun 2009, sebuah anggka yang cukup besar. Yang menjadi pertanyaan dari angka tersebut seberapa besar pengguna dari kalangan tenaga kesehatan ? atau lebih sempit lagi berapa pengguna yang berasal dari kalangan perawat ? dan dimanfaatkan untuk apa akses internet itu dilakukan ?,

Potensi internet sebagai cara yang cepat dan efisien dalam mengakses evidence based untuk mendukung praktek keperawatan telah diakui berjalan dengan baik (Beyea 2000, Tod et al 2003.). Perawat di ruang perawatan mempunyai waktu yang terbatas karena pola kerja dan aktivitas pelayanan yang berjalan di ruangan, maka akses melalui internet menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan di ruangan perawatan untuk mengakses evidence based secara cepat sebagai dasar pengambilan keputusan dan praktik klinis keperawatan (Dobbins, Ciliska,& Dicenso, 1998) dan memecahkan masalah asuhan keperawatan.

Fasilitas-Fasilitas yang dapat kita manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya:
  1. Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
  2. E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini kita dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment). 
  3. Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat  
  4. FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang kita butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer kita

Penyediaan akses internet di ruang perawatan dari hasil penelitian menunjukkan akan meningkatkan kepercayaan diri dan  ketrampilan dalam memberi asuhan (Alderman 2000, Foundation of Nursing Studies 2001). Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa ketika disediakan akses ke Internet, perawat terintegrasi menggunakan menjadi hari kerja mereka. Selain itu, mereka diamati melakukan ini dalam cara-cara yang menjawab beberapa kekhawatiran yang sebelumnya diidentifikasi dalam literatur bahwa perawat tidak akan punya waktu untuk menggunakan teknologi atau mungkin menggunakannya tidak tepat (Department of Health 1998a, Foundation of Nursing Studies 2001).

Hasil pemantauan penggunaan internet yang panjang yang memungkinkan  mengganggu perawatan pasien, juga tidak terjadi seperti dilaporkan dalam wawancara (Harrison et al 2002.) Kekhawatiran penggunaan internet oleh perawat untuk aktivitas kerja dan non kerja  tidak seimbang ternyata tidak terbukti, mereka tetap disiplin dalam membatasi aktivitas non-kerja mereka untuk batas yang dapat diterima dalam shift. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perawat menggunakan internet selama waktu tenang dan untuk jangka pendek saja (Morris-Docker at al 2004).

Perawat menggunakan akses internet untuk penelusuran sumber terkait dengan kerja (hasil-hasil penelitian, informasi penggunaan alat tertentu, dan terkait dengan kebutuhan asuhan keperawatan lainnya), mengirim email dan cek email terkait dengan kerja, dan library databased (CINAHL, PUBMED, RCN library, COCHRANE). Walau juga dilaporkan masih ada perawat yang menggunakan akses internet untuk keperluan non kerja namun waktu aksesnya kecil (Morris-Docker at al 2004).

Hasil study juga menunjukkan ketrampilan perawat untuk melakukan penelusuran dengan cepat dan akurat masih kurang sehingga membutuhkan waktu lebih lama dan tidak akurat dalam hasil penelusuran. Perawat masih kurang terampil menggunakan email untuk pengiriman pesan atau data klien. Hal ini terjadi karena kemampuan penguasaan teknologi internet yang masih kurang. Hanya perawat-perawat tertentu saja yang mempunyai keahlian dalam menjalankan akses internet, sehingga tidak semua perawat melakukan akses internet ini (Harrison 2003).

Banyak manfaat lain yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet baik dalam bidang kesehatan, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain.

Gudang Informasi

Dengan adanya Internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi kita, penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Ini semua dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines, atau mesin pencari dalam dunia Internet, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa data, file, gambar, musik, maupun film. Search engine adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi, menyusun Index berdasarkan kategori, dari beberapa Website yang telah mendaftarkan site-nya, serta memberikan rate berdasar dari seringnya site tersebut dikunjungi. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan halaman web yang kita butuhkan, cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada form yang telah disediakan.

Berbelanja Online

Berbelanja dan membeli peralatan medis, obat-obatan, memesan buku yang dikehendaki dan  lain-lain secara instan, saat ini sangat mungkin dilakukan di Internet karena sekarang telah banyak halaman-halaman Web yang ditujukan untuk aktivitas ini, ibarat toko-toko on-line di Internet. Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia dan membayarnya secara on-line via kartu kredit, dan esoknya produk atau jasa tersebut sudah kita dapat.

Berita-berita

Sekarang tidak lagi membutuhkan waktu menunggu hingga pagi, hanya untuk membaca berita, banyak sudah halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji dalam halaman-halaman Web tersebut pun terbilang lengkap, mulai dari berit-berita kesehatan, olahraga, politik, keuangan, cuaca dan sebagainya.

Perpustakaan

Selain hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia. Dalam Sites ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis, buku-buku tersebut mulai dari kesehatan, ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya. Tentunya tidak semua buku yang kita inginkan tersedia secara gratis, ada beberapa yang harus kita beli secara online yang biasanya transaksi tersebut dalam bentuk transaksi kartu kredit.

Pendidikan

Salah satu website yang ada di Internet yang dapat membantu kita mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website yang mengkhususkan pada Informasi seputar Pendidikan keperawatan. Website ini bermuatan lokal dan mencakup seluruh informasi, data serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan di Tanah Air kita.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa :
  1. Penyediaan akses internet diruang perawatan menjadi suatu hal yang sangat penting karena meningkatkan kepercayaan diri dan  ketrampilan dalam memberi asuhan berdasarkan evidence based.
  2. Penyediaan akses internet di ruangan perawatan menjadi salah satu solusi untuk dapat melakukan akses databased, penelusuran informasi, pengiriman dan penerimaan data melalui email walau dengan waktu yang terbatas karena aktivitas perawatan klien.
  3. Pelatihan pemanfaatan akses internet secara cepat dan akurat menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan untuk meningkatkan untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan akses internet diruangan.

Rekomendasi
  1. Pentingnya ruang perawatan menyediakan akses internet 24 jam untuk membantu perawat mendapatkan informasi, menelusuri evidence based dan pengiriman serta penerimaan pesan sehingga perawat menjadi lebih percaya diri dan meningkatkan kualitas perawatan klien.
  2. Perlunya dukungan kebijakan dari pengambil keputusan di rumah sakit untuk bisa mewujudkan dan menjalankan program akses internet 24 jam di ruang perawatan.
  3. Pelatihan staf perawatan dalam penggunaan akses internet menjadi salah satu hal yang penting dilakukan sebelum program ini diaplikasikan supaya meningkatkan manfaat dari akses internet tersebut.

Implikasi terhadap perkembangan ilmu keperawatan di Indonesia

Adanya akses internet 24 jam di ruang perawatan akan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, perawat menjadi berkembang karena dapat memperoleh informasi-informasi baru dan evidence based sebagai dasar dalam memberikan pelayanan keperawatan yang akhirkan akan meningkatkan kepuasan klien

Daftar Pustaka
Harrison J.M., (2003) Learning Together at Work: Use of the Internet by Health Professionals, The centre for Labour market Studies, University of Leicester, Leicester.

Harrison J., Black R., Tod A.M., Morris-Docker S., Wolstenholme D. & Millen K. (2002) The Impact of Access to the Internet on Evidence Based Practice of Nurses and Allied Health Professionals. School of Nursing and Midwifery, University of Sheffield, Sheffield.

Department of Health (1998a) Information for Health 1998–2005. An Information Strategy for the Modern NHS. HMSO, London.

Beyea S. (2007) Finding Internet resources to support evidence based practice. Association of Perioperative Registered Nurses 72 (3), 514–515.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nursing Care Moslem. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger