Pages

Sabtu, 14 Januari 2012

Mau Tahu Nikmatnya Kuliah Keperawatan di UIN Syarif Hidayatullah


Dalam upaya memenuhi kebutuhan terhadap pendidikan tinggi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka jurusan dan program studi baru untuk mendukung pengembangan UIN dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Untuk mempercepat pengintegrasian tersebut, sidang Senat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 30 Desember 2002 mempertimbangkan pentingnya pembukaan program studi baru dalam bidang Kedokteran dan Kesehatan. Forum tersebut merekomendasikan pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Pendirian FKIK ini juga dimaksudkan untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan konsep Indonesia Sehat 2010 yang dicanangkan pemerintah yang membutuhkan lebih banyak tenaga dokter, apoteker, perawat dan tenaga kesehatan masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi UIN “menjadikan UIN Syarif Hidayatullah sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan”.

Di samping itu, pendirian FKIK adalah untuk menampung para lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang berada dalam rural area yang selalu termarginalisasikan karena kalah bersaing, baik secara ekonomi maupun prestasi, untuk memasuki program studi umum pada Universitas Negeri/Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasarkan keputusan Senat tersebut, penyusunan proposal empat Program Studi yang bernaung di bawah FKIK mulai dirintis, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Ilmu Keperawatan.

Para perintis yang ikut dalam rencana pembukaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Prof. Dr. Sularto (Alm), Prof. Dr. Achmad Sofyan, Dr. Utarini, Prof. dr. M.K. Tadjudin, dr. Arlis Sularto, Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA., Prof. Dr. Suwito, MA., Prof. Dr. Abuddin Nata, MA., Prof. Dr. Does Sampoerno, Drs. H. Achmad Gholib, M.A., Drs. H. Abdul Shomad, Prof. Dr. Maskuri Abdillah, MA, dr. Jauhari dan lain-lain. Tim penyusun proposal pendirian FKIK diketuai oleh Prof. dr. M.K. Tadjudin, Sp.And. dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga sekaligus berperan sebagai Fakultas Pembina.

Untuk mendapatkan pengakuan dan izin penyelenggaraan Program Studi yang direncanakan pada FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diajukan ke Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI melalui Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI nomor: 1356/D/T2005 tanggal 10 Mei 2005 dan Keputusan Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI Nomor: Dj.II/123/2005 tanggal 17 Mei 2005 Program Studi Ilmu Keperawatan dan Pendidikan Dokter telah memperoleh izin penyelenggaraan .

Dalam pengembangannya dan sesuai Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Lima tahun ke depan (2010-2015), diarahkan pada penciptaan Fakultas yang Unggul dan Kompetitif sebagai pentahapan menuju Fakultas Riset, yang didasarkan pada keunggulan-keunggulan yang kompetitif secara nasional maupun internasional.

Berbagai dukungan untuk mewujudkan Fakultas yang unggul dan kompetitif, FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui pemerintah RI (Departemen Agama) mendapatkan bantuan dari pemerintah Jepang dalam hal ini Japan Bank For International Cooperation (JBIC). Bantuan dimaksud dalam bentuk fellowship yaitu pengembangan dosen untuk melanjutkan studi ke program S2 dan S3 di Jepang serta pembangunan gedung perkuliahan, gedung laboratorium dan peralatannya, gedung asrama mahasiswa (doormitory) dan gedung rumah sakit pendidikan (teaching hospital). Mulai tahun akademik 2010-2011 kegiatan belajar mengajar semua program setudi yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggunakan sarana dan prasarana gedung baru dijalan Kertamukti pisangan ciputat (Kampus II).

Fasilitas baru dan berkualitas pun semakin canggih di Ilmu Keperawatan begitupun dosen-dosennya yang mendidik mahasiswa/inya yang sangat mendukung anak-anaknya untuk membuat agen perubahan Masa Depan Keperawatan. Oleh karena itu Marilah Berkuliah di PSIK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Nursing Care Moslem. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger