Pages

Sabtu, 14 Januari 2012

Emoticon yang sering digunakan dan lucu

kamu terbiasa chatting di internet, pastinya kamu sering menggunakan simbol-simbol ‘emotion’ untuk mengungkapkan suasana hati kamu pada lawan chatting kamu. Penggunaan simbol emotion saat chatting, pada dasarnya digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu singkatan, universal emotion, dan kaomoji emotion. Melalui penggunakan simbol-simbol tersebut, kita tak perlu lagi mengetikkan baris-baris kalimat untuk mengungkapkan perasaan kita.

Penggunaan singkatan, dikhususkan pada ungkapan-ungkapan yang sering diungkapkan dalam bahasa sehari-hari (dalam bahasa inggris, red). Sedangkan universal emotion dan kaomoji emotion, adalah penggunaan jenis-jenis karakter-karakter yang tersedia di keyboard, sehingga menyerupai ekspresi-ekspresi wajah tertentu, misalnya saja marah, sedih, dan tertawa. Akan tetapi yang membedakan keduanya (universal dan kaomoji), simbol-simbol kaomoji, marak digunakan dan berasal dari negeri jepang.

emoticon ini menandakan kita sedang falling in love atau jatuh cinta

emoticon ini menandakan kita memberi tahukan lawan chatting kita untuk diam "syuttt jangan berisik"

emoticon ini menandakan kecupan kita saat berchatting bisa sebagai simbol terima kasih pada sahabat kita dichatting ataupun pacar kita .. hihi

nih adalah bentuk emoticon yang sering diungkapkan saat kita sedang kesal, marah, benci dll

nih rangkuman emoticon yang lainnya
emoticon ini sering digunakan yang berarti kita smile..senyum dengan lepas
ini adalah bentuk bentuk emoticon yang sering digunakan pada umumnya ...
masih banyak emoticon-emoticon lain yang artinya juga bermacam-macam yang sering digunakan oleh anak remaja atau dewasa.
selamat berkreasi !!

Etika Saat Ber-Chatting

Pengertian Chatting

Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM. Walaupun Chatting hanyalah obrolan dua orang yang tidak saling tatap muka,namun mengobrol lewat chatting harus mematuhi beberapa etika agar lawan chatting kita merasa nyaman melakukan obrolan dengan kita.terkadang ada beberapa orang yang merasa kalau lewat chatting mereka bisa melakukan apapun.tapi sejauh ini ada beberapa fasilitas chatting yang mengawasi saat anda sedang berchatting ria.

Mungkin dari kita menggunakan bahasa tidak baku baik dalam kehidupan sehari-hari, di SMS, atau pun di Internet. Bahasa tidak baku tersebut bukanlah sebuah masalah yang berarti. Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika kita tidak tahu tingkat kesopanan terhadap kalimat yang kita ucapkan. Sebenarnya etika-etika ini bisa diterapkan dalam setiap situasi mengetik seperti SMS dan beremail. Penggunaan huruf kapital. BERKATA DENGAN HURUF KAPITAL BERARTI SEDANG TERIAK ATAU MARAH-MARAH. Terkadang, HURUF KAPITAL juga digunakan untuk PENEGASAN, apalagi jika media yang digunakan untuk berkomunikasi tidak mendukung penggunaan pemformatan penebalan huruf (bold) Berkata dengan huruf non-kapital atau tanpa menggunakan huruf besar pada awal kalimat berarti berbicara dengan lemas/tidak tegas. hal ini diperparah jika anda menggunakan titik-titik di akhir kalimat atau kata seperti ini ........karena anda seperti berbicara dengan nada yang benar-benar "sabar". Daripada titik-titik (...), berpikirlah untuk menggunakan tanda hubung (-) (atau ada yang menyebut hyphen), Sebaliknya, gunakan huruf kapital pada saat yang tepat. Sebagaimana Anda telah belajar bahasa Indonesia, gunakan huruf kapital pada awal kalimat, awal kalimat langsung, dan saat menggunakan kata sapaan. Meski demikian Saya seringkali menemui orang yang mengetik dengan mencampuradukkan semua ini sehingga menghasilkan kalimat yang sangat tidak enak dilihat seperti ini: iNi aDAlAh cOnToH kAlimATnYA, sElAiN gK eNAk DilIHAT kLmT iNi jG NgeTikNyA cApE'.

Jangan lupa untuk tidak menyingkat kalimat. Hal ini akan menimbulkan kesan tidak formal dan tidak serius. Juga hal tersebut akan menyebabkan salah pemahaman. Jika dalam debat/diskusi umum, gunakan @ untuk menunjukkan kemana anda akan berbicara. Misal : "@Tomi: Bukannya justru mobil itu yang lebih keren?" Harus anda tahu bahwa penggunaan @ sangatlah lumrah digunakan, meski anda bisa memakai cara Anda sendiri. Jangan berbicara tidak jelas dalam forum/diskusi/obrolan (chatting). Perjelasalah maksud, dan jangan ungkapkan emosi, tapi bisa memakainya sedikit untuk memperindah kalimat. Contoh : "Hari ini gw sedih" jauh lebih buruk dibanding mengatakan "Hari ini gw kehilangan dompet gw jadi gw sedih banget". Meminimalkan kemungkinan lawan bicara untuk meminta kejelasan atau maksud dari apa yang kita katakan atau tuliskan.

Usahakan untuk tidak menyertakan pemformatan yang sangat mencolok (misalnya dengan warna-warna atau ukuran huruf yang tidak sesuai). Pemformatan ini menimbulkan kesan tidak formal. Jika mungkin, gunakan teks murni (plain text) saja. Itulah saya pikir bagaimana kita beretika dan bersopan santun di Internet. Terlepas dari itu, ada baiknya mempelajari kembali EYD untuk mengikuti kaidah berbahasa yang benar baik dan benar. berikut ini adalah beberapa etika dalam berchatting dari berbagai komentar yang diberikan:

1.jujur

berusaha untuk berbicara jujur.memang sih kita jujur atau tidak,tean chatting kita tidak akan tahu.tapi beberapa orang sangat senang dengan kejujuran.jika dari awal chatting,kamu sudah berbohong maka di kemudian hari kamu bisa menerima akibatnya...salah satunya mereka akan malas chatting dengan kamu lagi

2.Jangan suka iseng

tidak semua orang yang sedang online berarti mereka memiliki waktu untuk chatting,ada beberapa orang yang online tapi mereka sedang sibuk dengan pekerjaannya.jika kamu menggunakan yahoo messenger,usahakan jangan terlalu sering "buzz" teman chatting kamu.karena hal itu akan membuat mereka marah...

3.Sopan

baik di kehidupan nyata maupun dunia maya,kita harus selalu bersikap sopan.usahakan untuk selalu berbicara dan bersikap sopan.jangan pernah mengucapkan kata kata kotor,jika kesan peratama kamu sudah jelek maka selanjutnya mereka tidak akan lagi mau chatting dengan kamu.

4.Ucapkan salam

setiap kali mulai chatting tidak ada salahnya kamu menuliskan beberapa kata salam seperti..halo,selamat pagi,selamat siang,apa kabar..dijamin mereka akan senang mendengarnya.dan jika akan mengakhiri percakapan..bisa gunakan kata sampai jumpa lagi,selamat tinggal,bye,atau senang ngobrol dengan kamu.

5. Pasang status

jika kamu tidak mau diganggu oleh teman chatter lain.kamu bisa memasang status seperti "bussy,dont disturb,gak bisa diganggu"

6. Jangan terlalu cuek

jangan terlalu lama membalas pesan dari lawan chatting kamu.karena mereka tidak akan suka disuruh menunggu terlalu lama,jika kamu sedang sibuk,katakan sedang sibuk agar mereka merasa tidak dicuekin

7. Perhatikan penggunaan huruf

terkadang kamu menganggap remeh huruf besar(caplock).karena kamu merasa huruf besar dan huruf kecil sama saja.tapi huruf besar dan huruf kecil memiliki arti berbeda.jika menggunakan huruf kecil berarti nada bicara kamu normal dan biasa saja.tapi jika kamu menggunakan huruf besar berarti kamu sedang teriak dan bicara dengan nada keras.bagi orang yang mengerti dengan arti tulisan tersebut,mereka akan merasa tersinggung jika kamu menggunakan huruf besar.jadi hindari penggunaan huruf besar

8. Mengganti topik

jika kamu sedang masuk kesalah satu room.disana pasti mereka sedang membahas suatu topik.jangan sekali kali kamu mencoba mengganti topik pembicaraan.karena mereka bisa marah.ikuti topik pembicaraan yang sedang dibahas.jika kamu merasa tidak cocok dengan topik yang sedang dibahas,kamu bisa pindah room dan mencari room yang sesuai dengan selera kamu.

9. Jangan membicarakan SARA

saat mengobrol,jangan pernah membawa bawa masalah SARA kedalam topik pembicaraan.karena hal ini sangatlah sensitive,mereka dengan mudahnya akan merasa sangat tersinggung

10.Jangan memaksakan kehendak 

jika lawan bicara kamu sudah tidak mau lagi mengobrol,jangan paksakan kehendak.karena mereka akan langsung berpikir negative tentang kamu

itulah beberapa etika chatting yang harus kamu patuhi,semoga setelah memerapkannya.kamu bisa disukai oleh lawan chatting kamu. Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.

  • Gunakanlah nickname yang baik dan sopan. 
  • Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
  • Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
  • Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
  • Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
  • Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 
  • Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.

Manfaat internet untuk Perawat

Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.

Perkembangan teknologi jaringan Internet telah mengubah paradigma dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. informasi yang dibutuhkan dimanapun dan kapanpun waktu yang diinginkan. Salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan teknologi ini adalah dunia kesehatan. Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tak terbatas, maka jaringan internet memenuhi kapasitas dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam dunia kesehatan. Bahkan beberapa rumah sakit ternama, mencanangkan sistem asuhan keperawatan yang berbasiskan teknologi jaringan ini, seperti Telenursing , layanan e-health, dan web nursing lainnya, yang kalau ditinjau dari implementasinya mempunyai wujud yang hampir sama, yaitu memanfaatkan fasilitas jaringan internet sebagai salah satu sarana dan media dalam pelayanan kesehatan.

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet memberi peluang kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang salah satu persoalan penting yang dihadapi sehari hari yaitu kesehatan. Peningkatan pemahaman tentang kesehatan ini dapat membawa pengaruh yang sangat besar terhadap cara pandang masyarakat terhadap kebiasaan hidup sehari-hari yang dapat memberikan dampak terhadap kesehatan manusia. Sebagai contoh konsumsi makanan yang menyehatkan dan penjelasan berbagai alternatif bahan obat-obatan yang dapat membantu mengobati penyakit yang sedang diderita. Pengalaman pribadi saya, melalui internet saya dapat lebih kritis pada saat membeli obat dan menilai resep obat yang diberikan oleh dokter.

Hasil statistik www.internetworldstats.com menunjukkan pertumbuhan pengguna-an intenet di Indonesia sepanjang tahun 2009 meningkat drastis. Jumlah penggunaan internet di akhir tahun 2009 diestimasikan mencapai 240.271.522 pengguna dengan penetrasi 12,5% (per populasi). Untuk kawasan Asia, Indonesia berada di urutan ke-5 setelah Cina, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Indonesia berada dalam urutan 13 dalam Top 20 Countries with the Highest Number of Internet Users. Pertumbuhan pengguna internet dari tahun 2000 - 2009 adalah sebesar 1150 % (lihat dibawah ini) atau rata-rata tumbuh 115 % per tahun, sebuah angka pertumbuhan yang luar biasa.

Angka pengguna internet mencapai 240.271.522 pengguna pada tahun 2009, sebuah anggka yang cukup besar. Yang menjadi pertanyaan dari angka tersebut seberapa besar pengguna dari kalangan tenaga kesehatan ? atau lebih sempit lagi berapa pengguna yang berasal dari kalangan perawat ? dan dimanfaatkan untuk apa akses internet itu dilakukan ?,

Potensi internet sebagai cara yang cepat dan efisien dalam mengakses evidence based untuk mendukung praktek keperawatan telah diakui berjalan dengan baik (Beyea 2000, Tod et al 2003.). Perawat di ruang perawatan mempunyai waktu yang terbatas karena pola kerja dan aktivitas pelayanan yang berjalan di ruangan, maka akses melalui internet menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan di ruangan perawatan untuk mengakses evidence based secara cepat sebagai dasar pengambilan keputusan dan praktik klinis keperawatan (Dobbins, Ciliska,& Dicenso, 1998) dan memecahkan masalah asuhan keperawatan.

Fasilitas-Fasilitas yang dapat kita manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya:
  1. Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
  2. E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini kita dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment). 
  3. Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat  
  4. FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang kita butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer kita

Penyediaan akses internet di ruang perawatan dari hasil penelitian menunjukkan akan meningkatkan kepercayaan diri dan  ketrampilan dalam memberi asuhan (Alderman 2000, Foundation of Nursing Studies 2001). Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa ketika disediakan akses ke Internet, perawat terintegrasi menggunakan menjadi hari kerja mereka. Selain itu, mereka diamati melakukan ini dalam cara-cara yang menjawab beberapa kekhawatiran yang sebelumnya diidentifikasi dalam literatur bahwa perawat tidak akan punya waktu untuk menggunakan teknologi atau mungkin menggunakannya tidak tepat (Department of Health 1998a, Foundation of Nursing Studies 2001).

Hasil pemantauan penggunaan internet yang panjang yang memungkinkan  mengganggu perawatan pasien, juga tidak terjadi seperti dilaporkan dalam wawancara (Harrison et al 2002.) Kekhawatiran penggunaan internet oleh perawat untuk aktivitas kerja dan non kerja  tidak seimbang ternyata tidak terbukti, mereka tetap disiplin dalam membatasi aktivitas non-kerja mereka untuk batas yang dapat diterima dalam shift. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perawat menggunakan internet selama waktu tenang dan untuk jangka pendek saja (Morris-Docker at al 2004).

Perawat menggunakan akses internet untuk penelusuran sumber terkait dengan kerja (hasil-hasil penelitian, informasi penggunaan alat tertentu, dan terkait dengan kebutuhan asuhan keperawatan lainnya), mengirim email dan cek email terkait dengan kerja, dan library databased (CINAHL, PUBMED, RCN library, COCHRANE). Walau juga dilaporkan masih ada perawat yang menggunakan akses internet untuk keperluan non kerja namun waktu aksesnya kecil (Morris-Docker at al 2004).

Hasil study juga menunjukkan ketrampilan perawat untuk melakukan penelusuran dengan cepat dan akurat masih kurang sehingga membutuhkan waktu lebih lama dan tidak akurat dalam hasil penelusuran. Perawat masih kurang terampil menggunakan email untuk pengiriman pesan atau data klien. Hal ini terjadi karena kemampuan penguasaan teknologi internet yang masih kurang. Hanya perawat-perawat tertentu saja yang mempunyai keahlian dalam menjalankan akses internet, sehingga tidak semua perawat melakukan akses internet ini (Harrison 2003).

Banyak manfaat lain yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet baik dalam bidang kesehatan, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain.

Gudang Informasi

Dengan adanya Internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi kita, penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Ini semua dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines, atau mesin pencari dalam dunia Internet, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa data, file, gambar, musik, maupun film. Search engine adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi, menyusun Index berdasarkan kategori, dari beberapa Website yang telah mendaftarkan site-nya, serta memberikan rate berdasar dari seringnya site tersebut dikunjungi. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan halaman web yang kita butuhkan, cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada form yang telah disediakan.

Berbelanja Online

Berbelanja dan membeli peralatan medis, obat-obatan, memesan buku yang dikehendaki dan  lain-lain secara instan, saat ini sangat mungkin dilakukan di Internet karena sekarang telah banyak halaman-halaman Web yang ditujukan untuk aktivitas ini, ibarat toko-toko on-line di Internet. Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia dan membayarnya secara on-line via kartu kredit, dan esoknya produk atau jasa tersebut sudah kita dapat.

Berita-berita

Sekarang tidak lagi membutuhkan waktu menunggu hingga pagi, hanya untuk membaca berita, banyak sudah halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji dalam halaman-halaman Web tersebut pun terbilang lengkap, mulai dari berit-berita kesehatan, olahraga, politik, keuangan, cuaca dan sebagainya.

Perpustakaan

Selain hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia. Dalam Sites ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis, buku-buku tersebut mulai dari kesehatan, ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya. Tentunya tidak semua buku yang kita inginkan tersedia secara gratis, ada beberapa yang harus kita beli secara online yang biasanya transaksi tersebut dalam bentuk transaksi kartu kredit.

Pendidikan

Salah satu website yang ada di Internet yang dapat membantu kita mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website yang mengkhususkan pada Informasi seputar Pendidikan keperawatan. Website ini bermuatan lokal dan mencakup seluruh informasi, data serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan di Tanah Air kita.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa :
  1. Penyediaan akses internet diruang perawatan menjadi suatu hal yang sangat penting karena meningkatkan kepercayaan diri dan  ketrampilan dalam memberi asuhan berdasarkan evidence based.
  2. Penyediaan akses internet di ruangan perawatan menjadi salah satu solusi untuk dapat melakukan akses databased, penelusuran informasi, pengiriman dan penerimaan data melalui email walau dengan waktu yang terbatas karena aktivitas perawatan klien.
  3. Pelatihan pemanfaatan akses internet secara cepat dan akurat menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan untuk meningkatkan untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan akses internet diruangan.

Rekomendasi
  1. Pentingnya ruang perawatan menyediakan akses internet 24 jam untuk membantu perawat mendapatkan informasi, menelusuri evidence based dan pengiriman serta penerimaan pesan sehingga perawat menjadi lebih percaya diri dan meningkatkan kualitas perawatan klien.
  2. Perlunya dukungan kebijakan dari pengambil keputusan di rumah sakit untuk bisa mewujudkan dan menjalankan program akses internet 24 jam di ruang perawatan.
  3. Pelatihan staf perawatan dalam penggunaan akses internet menjadi salah satu hal yang penting dilakukan sebelum program ini diaplikasikan supaya meningkatkan manfaat dari akses internet tersebut.

Implikasi terhadap perkembangan ilmu keperawatan di Indonesia

Adanya akses internet 24 jam di ruang perawatan akan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, perawat menjadi berkembang karena dapat memperoleh informasi-informasi baru dan evidence based sebagai dasar dalam memberikan pelayanan keperawatan yang akhirkan akan meningkatkan kepuasan klien

Daftar Pustaka
Harrison J.M., (2003) Learning Together at Work: Use of the Internet by Health Professionals, The centre for Labour market Studies, University of Leicester, Leicester.

Harrison J., Black R., Tod A.M., Morris-Docker S., Wolstenholme D. & Millen K. (2002) The Impact of Access to the Internet on Evidence Based Practice of Nurses and Allied Health Professionals. School of Nursing and Midwifery, University of Sheffield, Sheffield.

Department of Health (1998a) Information for Health 1998–2005. An Information Strategy for the Modern NHS. HMSO, London.

Beyea S. (2007) Finding Internet resources to support evidence based practice. Association of Perioperative Registered Nurses 72 (3), 514–515.

Mau Tahu Nikmatnya Kuliah Keperawatan di UIN Syarif Hidayatullah


Dalam upaya memenuhi kebutuhan terhadap pendidikan tinggi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka jurusan dan program studi baru untuk mendukung pengembangan UIN dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Untuk mempercepat pengintegrasian tersebut, sidang Senat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 30 Desember 2002 mempertimbangkan pentingnya pembukaan program studi baru dalam bidang Kedokteran dan Kesehatan. Forum tersebut merekomendasikan pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Pendirian FKIK ini juga dimaksudkan untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan konsep Indonesia Sehat 2010 yang dicanangkan pemerintah yang membutuhkan lebih banyak tenaga dokter, apoteker, perawat dan tenaga kesehatan masyarakat. Hal ini sesuai dengan visi UIN “menjadikan UIN Syarif Hidayatullah sebagai lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan”.

Di samping itu, pendirian FKIK adalah untuk menampung para lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang berada dalam rural area yang selalu termarginalisasikan karena kalah bersaing, baik secara ekonomi maupun prestasi, untuk memasuki program studi umum pada Universitas Negeri/Perguruan Tinggi Negeri.

Berdasarkan keputusan Senat tersebut, penyusunan proposal empat Program Studi yang bernaung di bawah FKIK mulai dirintis, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Ilmu Keperawatan.

Para perintis yang ikut dalam rencana pembukaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Prof. Dr. Sularto (Alm), Prof. Dr. Achmad Sofyan, Dr. Utarini, Prof. dr. M.K. Tadjudin, dr. Arlis Sularto, Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA., Prof. Dr. Suwito, MA., Prof. Dr. Abuddin Nata, MA., Prof. Dr. Does Sampoerno, Drs. H. Achmad Gholib, M.A., Drs. H. Abdul Shomad, Prof. Dr. Maskuri Abdillah, MA, dr. Jauhari dan lain-lain. Tim penyusun proposal pendirian FKIK diketuai oleh Prof. dr. M.K. Tadjudin, Sp.And. dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga sekaligus berperan sebagai Fakultas Pembina.

Untuk mendapatkan pengakuan dan izin penyelenggaraan Program Studi yang direncanakan pada FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diajukan ke Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI melalui Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI nomor: 1356/D/T2005 tanggal 10 Mei 2005 dan Keputusan Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI Nomor: Dj.II/123/2005 tanggal 17 Mei 2005 Program Studi Ilmu Keperawatan dan Pendidikan Dokter telah memperoleh izin penyelenggaraan .

Dalam pengembangannya dan sesuai Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Lima tahun ke depan (2010-2015), diarahkan pada penciptaan Fakultas yang Unggul dan Kompetitif sebagai pentahapan menuju Fakultas Riset, yang didasarkan pada keunggulan-keunggulan yang kompetitif secara nasional maupun internasional.

Berbagai dukungan untuk mewujudkan Fakultas yang unggul dan kompetitif, FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui pemerintah RI (Departemen Agama) mendapatkan bantuan dari pemerintah Jepang dalam hal ini Japan Bank For International Cooperation (JBIC). Bantuan dimaksud dalam bentuk fellowship yaitu pengembangan dosen untuk melanjutkan studi ke program S2 dan S3 di Jepang serta pembangunan gedung perkuliahan, gedung laboratorium dan peralatannya, gedung asrama mahasiswa (doormitory) dan gedung rumah sakit pendidikan (teaching hospital). Mulai tahun akademik 2010-2011 kegiatan belajar mengajar semua program setudi yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggunakan sarana dan prasarana gedung baru dijalan Kertamukti pisangan ciputat (Kampus II).

Fasilitas baru dan berkualitas pun semakin canggih di Ilmu Keperawatan begitupun dosen-dosennya yang mendidik mahasiswa/inya yang sangat mendukung anak-anaknya untuk membuat agen perubahan Masa Depan Keperawatan. Oleh karena itu Marilah Berkuliah di PSIK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
 

(c)2009 Nursing Care Moslem. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger